5 Tips Sukses Mengajari Bayi Bicara

By  |  0 Comments

Setiap orangtua wajib untuk mengajari bayi bicara sedini mungkin. Banyak orangtua yang belum tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengajari buah hatinya bicara. Padahal, sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil bicara. Berikut ini, beberapa hal yang dapat Bunda lakukan agar si kecil cepat lancar berbicara.

1.  Menyebutkan Nama Benda

Sebutkan nama segala sesuatu yang Bunda berikan pada si kecil. Misalnya, pada saat mandi Bunda bisa mengatakan ‘Ini shampo” sambil Bunda menunjukkan botol shampo di depan si kecil. Hal ini akan menambah perbendaraharaan kosakata si kecil sehingga jika suatu saat anak melihat lagi botol shampo tersebut, ia akan tahu bahwa itu disebut dengan ‘shampo’

2. Ajak Si Kecil Membaca Bersama

Awalnya, anak mungkin tidak akan mengerti apa yang Bunda katakan. Walaupun demikian, cara ini dapat membantu menstimulasi panca indra si kecil dan menanamkan rasa cintanya pada buku. Kebiasaan ini akan membuat anak terbiasa membaca sejak kecil.

3.  Ajak Si Kecil Bermain

Ada banyak permaianan yang bisa Bunda lakukan untuk mengajari bayi bicara Misalnya, dari permainan cilukba, bayi Bunda bisa belajar mendengar, menunggu giliran, dan akhirnya menirikan. Faktanya, ketiga hal ini sangat dibutuhkan saat berkomunikasi.

4.   Bernyanyi

Pada dasarnya, bayi sangat menyukai musik. Bernyanyi adalah cara yang paling menyenangkan untuk memperkenalkan berbagai macam variasi suara pada si kecil. Bunda bisa mengajak si kecil menyanyi lagu-lagu sederhana agar anak lebih mudah mengingatnya.

5. Membalas Celotehan Si Kecil

Saat bayi Bunda mengatakan sesuatu seperti “goo,, goo ..,” Bunda bisa membalasnya dengan sesuatu yang mirip dengan celotehannya misalnya “Halo, boo boo. Sedang apa?” Dengan menggunakan permainan suara ini, tentu saja mengajari bayi bicara menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Sebelum Bunda meneruskan celoteh, berhentilah sejenak untuk membiarkan si kecil “berbicara”. Dengan cara ini, anak akan mengetahui ritme percakapan yang sebenarnya. Saat mengajari si kecil berbicara, jangan pernah memaksa si kecil. Buat semuanya mengalir karena pada dasarnya dengan stimulasi yang cukup anak akan mulai lancar berbicara.